NAPAK TILAS DESA DEGGUNGAN

Posted by Unknown 0 komentar
LATAR BELAKANG
Tahap pemasaran merupakan tindak lanjut dari rangkaian kegiatan perencanaan partisipatif (dokumen RPLP dan RTPLP) yang telah dilakukan. Pada dasarnya Pemasaran dalam kegiatan PLP-BK merupakan Transformasi sosial dari masyarakat tidak berdaya menuju tatanan masyarakat madani.
Pemasaran di Desa Denggungan menerapkan kolaborasi konsep “pemasaran komersil” dan “pemasaran sosial”, yaitu :
1.      Pemasaran Komersil yaitu : marketing mix “4P” yaitu promotion (promosi), price (harga), product (produk) dan place (tempat). Penerapan pemasaran komersil tujuannya untuk mempromosikan produk UKM lokal KSM Desa Denggungan.
2.      Pemasaran Sosial, yaitu partnership (kemitraan) dan policy (kebijakan). Penerapan pemasaran sosial tujuannya bukan semata-mata fund raising (memperoleh dana) tetapi juga berarti menyampaikan ide gagasan secara efektif dan efisien.

Pemasaran Hasil Perencanaan PLPBK Desa Denggungan berorientasi pada perkembangan masyarakat (community development), pendidikan (education), dan upaya “menjual” gagasan perubahan social seperti yang tertuang dalam perencanaan partisipatif (dokumen RPLP dan RTPLP). Dengan tujuan mengubah pemikiran, sikap dan perilaku masyarakat Desa Denggungan / peningkatan kualitas hidup (Quality of Life). Dengan meningkatnya Quality of Life (QoL) warga desa diharapkan juga mampu mendorong tercapainya perolehan dukungan sumber dana yang potensial dengan prinsp marketing mix 4P.
Dari kolaborasi konsep pemasaran komersil dan pemasaran sosial diatas, kemudian dalam pelaksanaannya Chaneling dibagi menjadi :
1.      Pemasaran internal, yaitu : memasarkan konsep dokumen RPLP dan RTPLP yaitu “Pertanian Terpadu dan Agroindustri” keseluruh masyarakat Desa Denggungan itu sendiri, identifikasi potensi lokal pertanian organik, peternakan, perikanan, dan home industri Desa Denggungan, kemudian menunjuk Brand Ambassador (Duta Desa Denggungan),
2.      Pemasaran eksternal adalah mengenalkan dan chanelling program “Pertanian Terpadu dan Agroindustri” kemasyarakat luas, instansi pemerintah, Perusahaan Negara (BUMN), Perusahaan Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun Lembaga Pendidikan (perguruan tinggi), dll. Melalui berbagai media promosi cetak, elektronik, dan lainnya.
PROFIL
1.    DESA DENGGUNGAN
Desa Denggungan merupakan salah satu Desa yang berada di wilayah Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Secara administratif, Desa Denggungan terdiri dari 3 Dusun / 11 RT. Total luas wilayah Desa Denggungan sebesar 211,49 H.
Pertanian di Desa Denggungan sekarang sudah mulai pada pertanian bebas pestisida dan pertanian organik. Wilayah sentra industri rumah tangga, peternakan, dan perikanan tersebar hampir disetiap RT.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diusulkan program pembangunan kawasan prioritas Pertanian Terpadu (Pertanian Organik, Peternakan dan Perikanan Komunal) dan Agroindustry (Sentral Cluster Home Industry)

2.    BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT (BKM) NGUDI SEJAHTERA 
BKM Ngudi Sejahtera dibentuk melalui rembug warga dari tingkat RT hingga pemilihan anggotanya tingkat desa, dan sebanyak 13 orang yang terpilih berdasarkan suara terbanyak. Dalam rembug tersebut disepakati juga Visi, Misi sebagaimana tertuang dalam Anggaran Dasar BKM dan anggota BKM. Untuk Koordinator BKM dipilih melalui voting tertutup oleh para anggota BKM terpilih secara periodik (bergantian) karena setiap anggota BKM memiliki peluang yang sama sebagai Koordinator BKM. Dalam  PLPBK, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) membawahi TIPP, TP dan TPP yang dibantu oleh KSM-KSM.
Biodata BKM Ngudi Sejahtera
Nama BKM
BKM Ngudi Sejahtera
Alamat dan Contact Person
Kantor Desa Denggungan Kec. Banyudono Kab. Boyolali 57373 / Telp. (0271) – 7004306
Bentuk Lembaga
Paguyuban Dengan Kepemimpinan Kolektif
Status
Pencatatan di Notaris Adang Tri Sunoko, SH, pada tanggal 29 September 2005 dan dicatatkan kembali/diperbarui di Notaris Syarifah Listyorini, SH, M.Kn pada tanggal 25 Nopember 2011
Periode Pimpinan Kolektif
2011 – 2013

Rounded Rectangular Callout: Contact Person:
Tenaga Ahli Pemasaran (TAP)

Nama  : Adhitya Permana, ST
Tlp    : 085740234114
Email  dodoplanologi@gmail.com






STRUKTUR ORGANISASI BKM NGUDI SEJAHTERA 
TAHUN 2011 - 2013
 


BKM  “ NGUDI SEJAHTERA ”
Koordinator
Wahid Budiharto , S. Ag
Sekretaris
Nanang Baidowi
Anggota
1.    Dra. Choiriyah
2.    Drs. Wasul Hidayat
3.    Abdul Haji
4.    Zaenal A, S.Sos. I
5.    Darmini, S.Pd
6.    Luluk Y
7.    Immawan Nurdin
8.    Kusnul Komsani
9.    Ngatini, A.Md.Pd
10. Sri Lestari
11. Sri Utami
12. Winoto
















Rekam Jejak Pengalaman BKM Ngudi Sejahtera
Menjalankan Program Pembangunan
No
Program/Kegiatan
Th. 2005 - 2013
No
Program/Kegiatan
Th. 2005 - 2013
1
Lingkungan
2
Sosial

a.    Pembangunan Talud Saluran  

a.    Bantuan biaya bagi Gakin

b.   Pembangunan Jalan Rabat Beton

b.   Rehab rumah Gakin

c.    Pembangunan Jalan Aspal

c.    Beasiswa bagi anak Gakin

d.   Pembangunan MCK
3
Ekonomi

e.    Pembangunan Laboratorium Pertanian

a.    Pelatihan menjahit

f.     Pembangunan Kandang Sapi Komunal

b.   Pelatihan pembuatan sabun susu



c.    Pengadaan grosir kedelai



d.   Pelatihan pembuatan batako

Prestasi BKM Ngudi Sejahtera yaitu :
ü  Juara 1 lomba BKM tingkat Kabupaten Boyolali tahun 2009
ü  Reward BKM penerima program ND/PLPBK sebesar 1 Miliar rupiah  tahun 2009
ü  Desa Denggungan berprestasi sebagai desa tempat Study Banding, yang pernah berkunjung diantaranya yaitu :
*      Forum BKM se-Kec. Ngemplak Kab. Boyolali Prov. Jateng, Study Banding pada Tahun 2008
*      Forum BKM se-Kec. Semarang Kota Semarang Prov. Jateng Study Banding pada Tahun 2009
*      Anggota Koperasi Wanita se.Kab. Wonosobo Study Banding pada Tahun 2010
*      Mahasiswa UNS Solo dalam rangka “Manajemen PNPM-MP diDesa Denggungan” Penelitian pada Tahun 2010
*      BEM FEB UGM Jogjakarta, Penelitian pada Tahun 2011
*      Forum BKM se-Kec. Wetan Kali Kab. Wonogiri Prov. Jateng, Study Banding pada Tahun 2011
*      DPU Kab. Brebes Prov. Jateng, Study Banding pada Tahun 2011











Rekam Jejak Kerjasama BKM Ngudi Sejahtera
Tahun
Pemerintah/Swasta/CSR
Bantuan (Pelatihan/Loan/Hibah)
2009
PT. Tata Surya Busana Garment Surakarta 
Peserta pelatihan menjahit Desa Denggungan dipekerjakan sebagai karyawati diperusahaan tersebut
2009
Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan pasar Kab. Boyolali Prov. Jateng
Bantuan mesin jahit sebanyak 3 buah
2010
Dinas Koperasi dan UMKM Prov Jateng
Bantuan dana senilai Rp. 10.000.000,- untuk pengembangan kapasitas pelatihan menjahit
2010
Dinas Koperasi dan UMKM Prov Jateng
Bantuan peralatan pembuat sabun senilai Rp. 75.000.000,-
Dan bantuan langsung dari Gubernur Jawa Tengah senilai Rp. 10.000.000,-
2011
Dinas Kesehatan Kab. Boyolali
Bantuan perijinan uji Lab (Air)
2011
Badan Pelayanan dan Perijinan Terpadu (BPPT) Kab. Boyolali
Bantuan perijinan SIUI, SIUP, TDP, HO
2011
Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Boyolali
Bantuan HAKI (Merk Sabun Susu “Zahra”)
2011
DIKTI Jakarta
Bantuan peralatan pembuat Karak tanpa borak /alat cetak senilai Rp. 17.500.000,-
2011
PD. BKK Kab. Boyolali
Bantuan pinjaman modal
2011
KUD Kab. Boyolali
Bantuan pinjaman modal
2011
Bank Indonesia (BI)
Pelatihan peningkatan modal ekonomi bagi warga desa
2012
Dinas Kesehatan Prov. Jateng
Bantuan sarana Tong sampah organik & anorganik, Wastafel & Tong cuci tangan
2013
Pemprov. Jawa Tengah
Bantuan langsung dari Gubernur Jawa Tengah senilai Rp. 100.000.000,- untuk infrastruktur
2013
Dinas Pertanian Kab. Boyolali
Bantuan bibit tanaman Holtikultura
Sumber : Buku Profil BKM Ngudi Sejahtera

3.    TIM PEMASARAN DESA
Rounded Rectangular Callout: Contact Person:
Tim Pemasaran (TP) Desa 

1.  Immawan Nurdin
Tlp : 085229071698
2. Ngatini, A.Md 
Tlp : 085868492203
3. Winoto
Tlp : 081229737757
Penekanan Pemasaran dalam program PLPBK Desa Denggungan adalah pemasaran sosial yang burtujuan murni untuk menggalang bentuk kerjasama jangka pendek dan panjang, sekaligus sebagai mitra potensial baik dari Pemerintah maupun Swasta yang mendukung secara finansial dan pengembangan kapasitas masyarakat sesuai dengan hasil perencanaan partisipatif yang telah disusun,  sehingga  program ini benar-benar bermanfaat dan berkelanjutan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Denggungan. Tim Pemasaran direkrut dari masyarakat Desa Denggungan yang dikelompokkan menjadi :

STRUKTUR ORGANISASI TIM PEMASARAN DESA DENGGUNGAN
                                                                

                                                                                        
                                                                       




4.    ALOKASI DANA BLM PLPBK PNPM-MP DESA DENGGUNGAN
Program ini lebih dikenal masyarakat dengan program penataan lingkungan permukiman adalah perubahan pola pikir masyarakat agar lebih terbuka terhadap Desanya. Dengan dilibatkannya masyarakat dalam membuat perencanaan sendiri.
Dana BLM PLPBK sebesar 1 Milyar rupiah, dengan alokasi dana Rp.200.000.000,- untuk perencanaan partisipatif, Rp. 100.000.000,- untuk pemasaran partisipatif dan untuk pembangunan fisik sebesar Rp. 700.000.000,- diharapkan pengembangan fisik prioritas bisa menstimulasi pembangunan selanjutnya. Merencanakan sendiri, membangun sendiri, mengelola sendiri dan memanfaatkannya sendiri untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Desa Denggungan.
TUJUAN
1.         PROGRAM PLPBK
Tujuan dari program PLPBK ini adalah sebagai berikut:
·         Merubah pola pikir masyarakat agar bisa merencanakan, membangun dan mengelola sendiri kawasannya.
·         Memberdayakan masyarakat terutama masyarakat menengah kebawah untuk mengelola langsung maupun tidak langsung kawasan pembangunan.
·         Memberdayakan dan menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya keseimbangan lingkungan.
·         Membuka peluang ekonomi / pendapatan masyarakat dan Pengelolaan limbah dengan adanya Program Pertanian Terpadu (rumah komposter dan kandang ternak sapi komunal - laboratorium pertanian dan gubug tani - keramba jaring apung) dan Agroindustri (rumah sentral home industry) sehingga bernilai ekonomi bagi warga Desa Denggungan.
·         Adanya respect, komitmen dan kesepakatan (bantuan dana pembangunan/ bantuan pengadaan barang/ bantuan pelatihan, dll) dari stakeholder untuk terlibat dalam pelaksanaan pembangunan kawasan prioritas Desa Denggungan.
·         Terciptanya perubahan pola pikir, sikap dan perilaku masyarakat Desa Denggungan sehingga peningkatan kualitas hidup (Quality of Life) yang merupakan bagian dari MDGS (salah satu program Negara Kesatuan Republik Indonesia / NKRI) dapat tercapai melalui chanelling pembangunan yang berkelanjutan antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.

2.         PENGAJUAN PROPOSAL
Tujuan dari pengajuan proposal bantuan Desa Denggungan yang dilaksanakan secara berkala adalah untuk memperoleh dukungan dana dari pihak kedua, yang ditujukan untuk pelaksanaan program PERTANIAN TERPADU DAN AGROINDUSTRY. Bahwa program ini dikhususkan untuk masyarakat Desa Denggungan. Maka dengan proposal ini, diharapkan akan ada kesinambungan kemitraan yang terbentuk.






KERANGKA PIKIR
Kerangka pemikiran alur proses program pembangunan Desa Denggungan yang terdokumentasikan dalam dokumen perencanaan RPLP dan RTPLP, yaitu :
KERANGKA PIKIR PROGRAM PEMBANGUNAN






























Sedangkan Kerangka pemikiran untuk alur proses pemasaran Desa Denggungan, yaitu:
KERANGKA PIKIR PEMASARAN
 

























KONSEP KREATIF
1.      SENTRA PRODUKSI DAN PEMASARAN HOME INDUSTRI KHAS DESA
KONSEP
POTENSI YANG ADA
DIDESA DENGGUNGAN
PENGAJUAN CHANELLING
A.    HOME INDUSTRI
1.      Produk UKM  Ekonomi, yaitu:
*      Sabun Mandi susu Zahra,
*      UKM Makanan (Karak tanpa borak, Kripik Tempe, Tempe bungkus daun, kripik Tempe, Gembus, Criping Ketela, Kacang goreng Sangrai, Roti goreng, Siomay) berlokasi di RT 9 RW 3
2.      Produk UKM Jasa, yaitu : Bengkel, toko material, Rental mobil, Penggilingan padi, pembuat Batako
3.      Peralatan produksi UKM sudah ada walau belum merata.
4.      Perencanaan model cluster (dalam satu kompleks/satu jalur area yang diperuntukkan untuk produksi, manajemen, hingga pemasaran hasil home industri) sudah disepakati dan dikelola oleh kelompok ibu-ibu PKK à penyeragaman 1 jenis tanaman holtikultura untuk 1 gang kompleks RT/RW.
1.      Pembangunan Rumah Sentral Pemasaran Home Industri (sebagai sarana berkumpulnya produk UKM se-Desa Denggungan)
2.      Pengadaan 10 jenis bibit tanaman Hotikultura (1 jenis tanaman holtikultura ditanam pada 1 jalur kompleks RT/RW supaya seragam)
3.      Pelatihan dan pembinaan tentang pengolahan Produk Kemasan UKM yang siap jual dari pihak ketiga/Mitra.

Berdasarkan kriteria prioritas bagi industry kecil oleh Departemen Perindustrian, yang sesuai untuk pengembangan Home Industri Desa Denggungan, yaitu:
1.      Industry yang mempunyai keterkaitan luas, baik dengan industry menengah/besar maupun dengan sector ekonomi lainnya;
2.      Industry yang padat karya;
3.      Industry yang dapat menunjang pengembangan/pemerataan kegiatan ekonomi wilayah;
4.      Industry yang berkaitan dengan nilai-nilai budaya.
2.      SENTRA KAWASAN STUDI BANDING PERTANIAN TERPADU
KONSEP
POTENSI YANG ADA
DIDESA DENGGUNGAN
PENGAJUAN CHANELLING
A.    PERTANIAN ORGANIK
1.      Mayoritas pertanian desa Denggungan sudah menggunakan pupuk organik/alami yang dikelola oleh KSM tani.
2.      Sosialisasi dan pertemuan rutin antar KSM tani sudah dilakukan seminggu sekali.
3.      Produk UKM pertanian, yaitu : Beras organik Melati, Beras organik Tandur, Sereal Bekatul, Pupuk organic à sudah bersertifikat / memiliki legalisasi untuk kriteria kawasan budidaya organik
1.      Pembangunan Gubug tani (sebagai sarana berkumpul&diskusi antar pengelola KSM Tani)
2.      Pembangunan Laboratorium pertanian (sebagai sarana pembibitan)
3.      Pembangunan saluran irigasi tersier permanen untuk mendukung pertanian organik
4.      Pelatihan dan pembinaan tentang pertanian organik dari pihak ketiga/Mitra

KONSEP
POTENSI YANG ADA
DIDESA DENGGUNGAN
PENGAJUAN CHANELLING
B.     PETERNAKAN SAPI KOMUNAL
1.      Banyaknya jumlah ternak sapi didesa Denggungan, yang dimana kesepakatan untuk pengelolaan Ternak dilakukan oleh kelompok Ternak.
2.      Pemanfaatan kotoran ternak sapi untuk Pupuk Organik sudah dilakukan secara kelompok.
1.      Pembangunan Kandang Sapi Komunal (sebagai sarana Penggemukan sapi yang dilakukan oleh kelompok ternak)
2.      Pembangunan Rumah Kompos (sebagai sarana pewadahan kotoran ternak)
3.      Pelatihan dan pembinaan tentang pemanfaatan kotoran ternak dari pihak ketiga/Mitra

KONSEP
POTENSI YANG ADA
DIDESA DENGGUNGAN
PENGAJUAN CHANELLING
C.    PERIKANAN KOMUNAL
1.      Banyaknya jumlah ternak ikan didesa Denggungan, yang dimana kesepakatan untuk pengelolaan ternak ikan kelompok dilakukan oleh kelompok Karang Taruna.
1.      Pembangunan Kolam Darat (sebagai sarana pengelolaan ternak ikan)
2.      Pelatihan dan pembinaan tentang Pengembangan jenis-jenis ternak ikan unggul dari pihak ketiga/Mitra


HARAPAN KAWASAN PERTANIAN TERPADU & AGROINDUSTRY
Pembangunan Kawasan Prioritas yang diharapkan beberapa tahun kedepan Setelah Terbentuk dan TerbangunIMAGE Kawasan Study Banding Pertanian Terpadu”, yaitu :  


























Rounded Rectangle: Sawah Organik àStudy Banding
(Area Percontohan)










Rounded Rectangle: Sawah Organik àStudy Banding
(Area Percontohan)









Rounded Rectangle: Sawah Organik àStudy Banding
(Area Percontohan)




Rounded Rectangle: Sawah Organik àStudy Banding
(Area Percontohan)










Rounded Rectangle: Rumah Komposting
(Bak Limbah Padat Ternak)
 










HARAPAN KAWASAN PERTANIAN TERPADU & AGROINDUSTRY
Pembangunan Kawasan Prioritas yang diharapkan beberapa tahun kedepan Setelah Terbentuk dan TerbangunIMAGE Kawasan Home Industry”, yaitu :  
1.      KAWASAN KULINER & REST AREA à Sebagai Area Sentra Pemasaran Produk UKM Desa








 



























 











2.      KAWASAN PRODUKSI HOME INDUSTRY à Sebagai Area Sentra Produksi Produk UKM Desa


















 






















DESAIN
Beberapa Design bangunan yang akan di-Chanellkan / Kemitraan kepada Calon Investor Pemerintah Daerah/Provinsi/Pusat, BUMN/BUMD milik Pemerintah, Perusahaan Swasta, dan CSR lain berupa : Bantuan Dana Loan / Dana Hibah / Barang / Pelatihan & Pembinaan Gratis kepada warga Desa Denggungan. Yang kami ajukan / Chanellkan yaitu:
1.      PERTANIAN TERPADU, Meliputi :
A.   Design Bangunan Laboratorium Pertanian







B.   Design Bangunan Gubug Pertemuan Tani


 













C.   Design Bangunan Kandang Ternak Komunal






















D.  Design Bangunan Rumah Kompos 
















E.   Design Bangunan Kolam Darat Perikanan







 







2.      AGROINDUSTRY,  Meliputi :
A.   Design Cluster Home Industri (Penyeragaman 1 jenis tanaman holtikultura untuk 1 gang kompleks RT/RW)
 











B.   Design Bangunan Sentral Home Industri
 








PROMOSI DAN PUBLIKASI
Promosi dan publikasi yang dilakukan untuk program PLPBK – PNPM MP Desa Denggungan ini antara lain:
1.      Promosi dan Publikasi yang sudah ADA, diantaranya yaitu :
A.    Maket Kawasan Prioritas Desa Denggungan
B.     Buku Perencanaan RPLP dan RTLP Desa Denggungan
C.     Proposal Kerjasama UKM dan KSM Desa Denggungan
D.    Film Presentasi 3 Dimensi Desa Denggungan
E.     Film Dokumenter Potensi Unggulan Desa Denggungan 2 Dimensi Desa Denggungan
F.      Blogspot Desa Denggungan
G.    Slogan dan Logo Desa Denggungan
H.    Media Publikasi Cetak lainnya yaitu : X-Banner RPLP dan RTLP, Booklet, Sticker, Spanduk, Stopmap, Pin, Jam Meja, Taplak Pemasaran, Gelas Mug, Kalender Tahunan, CD Interaktif Potensi Desa, Kartu Nama dan Kaos Tim Pemasaran (TP).
2.      RENCANA Pemasaran Publikasi External yang akan dilaksanakan, diantaranya :
A.    Iklan Media Publikasi Cetak – Koran Solopos, Jawapos, Suara Merdeka, dsb
B.     Iklan Media Publikasi Elektronik – Radio SAS FM, PTPN FM, Solo Radio, PAS FM
3.      RENCANA Pemasaran EXPO External yang akan diselenggarakan, diantaranya :
A.    Pentas Musik Se- Kabupaten Boyolali
B.     Event Promo / Kompetisi Tingkat Desa PLPBK PNPM Se- Kabupaten Boyolali
C.     Pameran/Expo (Kerjasama LSM/Perguruan Tinggi dengan Desa Denggungan)
D.    Pameran/Expo (Kerjasama Pemprov Jateng dengan Desa Denggungan)













RENCANA ANGGARAN BIAYA  (RAB)  
Usulan fisik pembangunan dan RAB yang akan diajukan untuk pemasaran (Chanelling/Kemitraan), yaitu :

No
PERTANIAN TERPADU
Konsep
Bangunan
Sarana penunjang
Prasarana penunjang
Keterangan
1
Pertanian Organik
Gubug pertemuan tani (L = 72 m2)
dengan RAB : Rp. 82.000.000
Belum Terdanai
Perabot meja dan kursi kayu
dengan RAB : Rp. 1.500.000
Belum Terdanai
-
Semua Pengajuan Bantuan Baru
2
Laboratorium Pertanian (L = 77,25 m2)
dengan RAB : Rp. 118.160.000
Sudah Terdanai & Terealisasi
Alat-alat Uji Laboratorium
dengan RAB : Rp. 55.000.000
Sudah Terdanai & Terealisasi
-
Semua Sudah Terdanai & Terealisasi
3
Peternakan Komunal
Kandang Ternak Sapi Komunal
(L = 120 m2)
dengan RAB : Rp. 100.000.000
Sudah Terdanai & Terealisasi
1.    Sapi ternak 20 ekor
dengan RAB : Rp. 8.000.000
Total 20 ekor : Rp. 160.000.000
Belum Terdanai
2.    Alat Timbangan sapi (1 bh)
dengan RAB : Rp. 2.500.000
Belum Terdanai
1.    Pagar Kandang Komunal
(L = 162,8 m2)
dengan RAB : Rp. 47.259.000
Sudah Terdanai & Terealisasi
2.    WC Umum & Sumur Resapan (2 bh)  (L= 1,5 x 2 m/1 WC)
dengan RAB : Rp. 19.000.000
Sudah Terdanai & Terealisasi
Sebagian Pengajuan Bantuan Baru
4
Rumah Kompos (L = 120 m2)
dengan RAB : Rp. 96.000.000
Belum Terdanai
1.    Biogas (L= 15 m2) 1 unit
dengan RAB : Rp. 4.500.000
Belum Terdanai
2.    Penerangan/listrik
(Kabel 150 m dan 1 bh meteran) dengan RAB : Rp. 10.000.000
Belum Terdanai
-
Semua Pengajuan Bantuan Baru
5
Perikanan Komunal
Kolam Darat (L = 24 m2 @ Kolam)
dengan RAB : Rp. 7.000.000
Total 4 unit Kolam : Rp. 28.000.000
Belum Terdanai
Bibit Ikan Lele (4 unit kolam)
dengan RAB : Rp. 2.000.000
Belum Terdanai
-
Semua Pengajuan Bantuan Baru
No
AGROINDUSTRY
Konsep
Bangunan
Sarana penunjang
Prasarana penunjang
Keterangan
1
Sentral Home Industri
Rumah Pemasaran Sentral Home Industri/UKM (L = 112,5 m2)
dengan RAB : Rp. 107.000.000
Sudah Terdanai & Terealisasi
Perabot meja etalase dan kursi
dengan RAB : Rp. 3.750.000
Belum Terdanai
WC Umum (22 bh) untuk se-desa
 (L= 1,5 x 2 m/1 WC)
dengan RAB : Rp. 4.000.000
Total 22 bh : Rp. 88.000.000
Belum Terdanai
Sebagian Pengajuan Bantuan Baru
2
Pertanian Holtikultura
-
10 Jenis Bibit tanaman holtikultura dan Polybag
dengan RAB : Rp. 10.000.000
Belum Terdanai
-
Semua Pengajuan Bantuan Baru
Ket : Rincian Gambar teknis dan RAB Terlampir didokumen DED

KEMITRAAN

1.      PENAWARAN MITRA
a.      Pemerintah Daerah/Provinsi/Pusat, Perusahaan BUMN/BUMD, Perusahaan Swasta, dan CSR lain dapat memilih dari masing-masing rencana anggaran program Pertanian Terpadu dan Agroindustry yang telah dipaparkan di atas senilai pembangunan fisik dan perlengkapan yang setara. Partisipasi Mitra dalam Program ini, akan kita tonjolkan dalam beberapa item, diantaranya;
·         Penempatan logo dan tag line Instansi / Perusahaan pada item yang telah disepakati sebelumnya.
·         Penempatan logo produk dan tag line Instansi / Perusahaan di umbul-umbul / spanduk disepanjang Kawasan Prioritas Pertanian Terpadu dan Agroindustry.
b.      Penempatan logo di Blog PLPBK Desa Denggungan. Pemasangan umbul-umbul semua sponsor pada hari peresmian Kawasan Prioritas Pertanian Terpadu dan Agroindustry.
c.       Kami juga menerima dana sponsorship untuk kegiatan dalam rangka pemasaran, merchandise, hadiah, dairy produk, consumer goods dan lain-lain.
d.      *Kami fleksibel dengan penawaran kemitraan diatas,karena ini adalah bersifat Nonprofit dan sepenuhnya pemberdayaan masyarakat untuk pengentasan kemiskinan*.

2.      KEUNTUNGAN KEMITRAAN
a.      Penyelenggara / warga
1)      Mendapatkan sokongan dana dari instansi pemerintah, swasta maupun individu.
2)      Mendapatkan dukungan secara langsung maupun tidak langsung dari mitra.
3)      Mampu berkembang dari keterpurukan kemiskinan untuk mengusahakan sendiri kelayakan hidupnya.
4)      Memfasilitasi cita-cita dan mimpi warga dan masyarakat untuk belajar, berkarya dan mengurangi kesenjangan informasi dan pengetahuan.

b.      Mitra
1)      Sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan untuk lingkungan dan masyarakat. Kerena secara tidak langsung masyarakat akan menilai Perusahaan atau mitra dareah akan perhatiannya kepada masyarakat, dimana masyarakat berfikir positif tentang kontribusinya tehadap pembangunan daerah.
2)      Membangun simpati masyarakat kepada Perusahaan / Mitra yang dapat menunjang terbentukya reputasi dan citra positif dimata publik.
3)      Mengkokohkan eksistensi mitra khususnya di Kabupaten Boyolali.
4)      Secara tidak langsung mendapatkan timbal balik dari masyarakat ketika masyarakat meningkat taraf hidupnya, informasi teknologi meningkat, dan pembangunan infrastruktur juga meningkat, maka pemenuhan kebutuhan goods costumer.
5)      Merealisasikan cita-cita dan mimpi warga masyarakat miskin untuk belajar, berkarya dan mengurangi kesenjangan sosial, ekonomi, informasi dan pengetahuan.
6)      Merupakan promosi berkelanjutan yaitu dengan pembangunan monumen dan penempatan promosi di kawasan, karena program ini merupakan program nonprofit dan diolah sepenuhnya oleh warga untuk kepentingan warga.
7)       Sebagai bentuk kepedulian sosial yang menjadi bukti nyata Perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat dalam upaya mengangkat usaha mikro kecil menjadi sebuah usaha yang lebih maju.
8)        Sebagai media promosi mitra (perusahaan) untuk lebih mengenalkan produk yang dimiliki kepada masyarakat. Seperti contohya, bila perusahaan bersedia menjadi mitra dalam Program “Pertanian Terpadu dan Agroindustry” dan memilih salah satu item Promosi dan Publikasi diatas, maka Instansi / Perusahaan tersebut berhak atas memasang logo produk dan tag line Instansi / Perusahaan pada item tersebut.



























PENUTUP
Proses kemandirian masyarakat dalam kehidupan baik dari segi ekonomi, sosial dan lingkungan dengan indikator tumbuhnya jiwa-jiwa enterpreunership tenggang terhadap kondisi masyarakat sekitarnya serta sadar akan pentingnya memelihara dan menjaga lingkungan agar menjadi lebih asri, produktif dan lestari merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya membangun bangsa menuju bangsa yang madani.
Deminkian penawaran kami ajukan terkait dengan program PLPBK Desa Denggungan. Kami berharap kerjasama ini bisa terjalin dengan baik dan memberikan kemanfaatan seluas-luasnya bagi masyarakat Desa Denggungan pada khususnya.
Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT (BKM) DESA DENGGUNGAN




( Wahid Budiharto , S. Ag )
             Koordinator
TIM INTI PERENCANAAN PERTISIPATIF (TIPP) DESA DENGGUNGAN




( Dra. Choiriyah )
Koordinator

TIM PEMASARAN
DESA DENGGUNGAN




( Winoto )

KEPALA DESA DENGGUNGAN





( Junaidi, A.Md )








NAPAK TILAS DESA DEGGUNGAN
Unknown
http://desadenggungan.blogspot.com/2014/07/napak-tilas-desa-deggungan.html. .
Buat Email | Copyright of Selamat Datang di Desa Denggungan.